Wahib
Wahib Tech Enthusiast.

Apa itu Domain Spam Score? Berapa Batas yang Aman?

Pernah terkena domain spam score yang tinggi? Kamu bukan satu-satunya sob, beberapa hari yang lalu setelah saya membagikan template gratisan ke sebuah grup facebook, katakanlah Blogger Indonesia, domain spam score saya melonjak diangka yang sangat nggak masuk akal, 55%. Siapa yang nggak kaget, diangka yang sedemikian tinggi padahal blog saya terbilang masih sangat baru.

Sebut saja korbannya adalah domain utama yang saya pakai ini, wahib.net. Nggak nyangka aja sih, ketika kita membagikan template yang dipasangi footer attribution, justru dapat berpengaruh buruk pada performa blog kita di mata mesin pencari seperti Google. Padahal niat kita agar mendapatkan backlink dofollow secara cuma-cuma setelah membagikan template gratis tersebut. Tapi apa daya, memang nasib berkata lain haha.

Apa itu Spam Score?

Menurut artikel yang pernah saya baca, spam score adalah situs yang memiliki halaman yang mirip dengan situs lain yang pernah terkena pinalti Google. Istilah mudahnya, situs kita dianggap sebagai situs spam karena berisi komponen - komponen yang berkaitan dengan situs yang sudah dianggap spam. Ada banyak faktor kenapa situs kita bisa memiliki score spam yang tinggi, ada mengatakan situs kita terkana AGC, ada yang mengatakan itu berasal dari kompetitor kurang kerjaan, ada pula yang mengangap bahwa spam score itu cuman sebuah angka mitos, bahkan batas aman spam score domain pun sampai sekarang masih menjadi misteri.

Gambar dibawah ini adalah detail terakhir mengenai domain wahib.net yang beberapa hari lalu sempat dipanikkan karena tingginya angka spam score domain:
spam score pada domain wahib.net
Hasil cek spam score untuk domain wahib.net

Bagaimana Cara Cek Spam Score?

Jika ada yang bertanya, ngecek spam score kayak gitu emangnya dimana gan?
Kebetulan saya pakainya Moz.com sebagai 3rd party tools untuk tracker spam score. Yah, sebenarnya saya sendiri juga iseng buat tracking soal domain yang saya pakai sekarang, padahal Google sendiri sudah pernah mewanti-wanti jangan terlalu percaya sama alat tracking situs pihak ketiga, tetapi walaupun iseng ternyata saya juga kebawa pikiran buat menurunkan itu.

Ada banyak sekali saran dan masukan yang saya dapat setelah bertanya melalui forum, grup dan pakar. Pada dasarnya kita nggak perlu terlalu khawatir selama situs atau blog kita tidak melakukan sesuatu hal yang aneh atau neko-neko. Jangan takut selama kita tidak curang, karena Google adalah robot yang cerdas dan dia pasti bisa tau mana yang situs yang suka mengakalinya. Terbukti, dari update algoritma terakhir yang dilakukan oleh Google membawa dampak perubahan yang cukup besar bagi situs-situs 'pemain'.

Apa Efek Buruk Spam Score yang Tinggi?

Saya tidak tau pasti soal ini, tetapi untuk memberikan contoh efek apa saja yang bisa diterima ketika situs kita terkena spam (backlink buruk) adalah kasus yang diterima oleh perusahaan Ghost.org (sebuah cms berbasis nodejs). Ghost sempat mengalami kehilangan jejak dari hasil pencarian Google alias domainnya didepak dari hasil pencarian. Masalahnya apa? Masalahnya adalah domain mereka ternyata mendapatkan kiriman spam dari situs p*rnografi.

sebuah thread di twitter tentang domain ghost.org yang terkena pinalti
Twitter (Founder Ghost.org)
Pun efeknya bukan main gan, semua domain dan anak domain dari Ghost.org hilang nggak bersisa. Ini nyata loh, perusahaan besar sekelas Ghost.org aja bisa mendapatkan penalti seperti itu. Apalagi yang cuman 'remah-remah' seperti blog saya ini? Ahsudahlah, biarkan yang diatas yang memberikan petunjuk soal itu.

Kalo perusahaan Ghost diatas semisal mendapat masalah spam seperti itu, mudah bagi mereka buat kontak orang Google. Lah saya mah apa atuh, kena spam score 55% aja rasanya mau nangis. Bahkan udah nyerah dan berhenti aja buat ngurusin ini blog. Tetapi hati kecil saya berkata lain, kalo ada masalah pasti ada aja jalan keluar. Saya coba carikan solusi untuk itu, dan akhirnya saya mendapatkan jawaban yang cukup bisa membuat hati saya tenang.

Bagaimana cara menurunkan spam score domain?

Salah satu cara yang diberikan oleh Google secara resmi untuk menurunan spam score domain adalah dengan menggunakan fitur Disavow link yang dianggap memberikan spam. Ada sebuah thread yang pernah dibuat khusus untuk mengatasi masalah ini, agan bisa baca ke thread berikut : https://support.google.com/webmasters/answer/2648487?hl=id.

Kalo agan mau, juga bisa melakukan cara yang sama seperti sudah saya coba beberapa hari yang lalu.
1. Pergi ke https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main, lalu pilih situs yang terkena spam score tinggi
disavow link google
Pilih blog yang ingin di disavow

2. Buat dan catat kumpulan link spam yang ingin di disavow, kemudian simpan ke dalam format .txt
Contoh:
# Dua halaman yang akan ditolak
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html
# Satu domain yang akan ditolak
domain:shadyseo.com
Upload file txt yang berisi link spam
Upload file link.txt nya
Catatan: untuk mencari domain yang spam backlink ke situs agan, agan bisa cari tracker dari pihak ketiga seperti Moz.com, webseochecker, smallseotools dan lain sebagainya.

3. Setelah itu, klik submit.

Untuk mengetahui perubahan penurunan spam score sendiri butuh waktu yang agak lama dari tracker tools pihak ketiga seperti Moz. Kalo saya, kurang lebih tiga hari baru turun dari 55% ke angka 15%. Puji syukur sih, jadi hati agak tenang. Hehe

Satu lagi catatan menarik yang saya kutip dari mas Yos Beda, melalui grup facebook WordPress Indonesia.
Selama yakin dalam perjalanan ngeblognya (khususnya pada blog tersebut) tidak melakukan hal yang aneh2, spam score dan segala macam turunan pendekatan DA/PA + segala theory/legacy-nya Rand Fishkin di Moz itu abaikan saja mas.
-
Alih2 membawa dampak positif pada blog/SEO, hal2 sematjam itu tidak jarang malah menjebak blogger/publiser pada aktivitas "ngulik" yang tidak penting. Sudah lama saya haramkan blog2 saya dikunjungi bot2 sematjam DotBot (Moz), SemrushBot, AhrefsBot, MJ12bot (Majestic) dll.
-
Peringatan dari Google atau "cuma" dari Moz? Kalau dari Moz, apalagi masih dalam hitungan jari atau puluhan, abaikan saja. Saya ada banyak peringatan juga waktu dulu iseng2 cek via Moz, khususnya dari situs2 AGC gambar.
-
Bodo amat lah, saya abaikan saja, habis waktu saya kalau masih ngurus printilan2 seperti itu. Baru kalau peringatan itu datang langsung dari Google, waktu bakal saya curahkan sepenuhnya untuk memperbaiki masalah itu.
Terima kasih, semoga bermanfaat! 

Wahib
Wahib  Tech Enthusiast.

Comments