Cara Mengatasi Error the link you followed has expired di WordPress

Cara Mengatasi "the link you followed has expired" wordpress

Kamu pengguna WordPress? Udah pernah ketemu error kayak gini dong: tautan yang anda ikuti telah kadaluarsa atau kalo versi bahasa inggrisnya the link you followed has expired. Memang error tersebut nggak urgent, tetapi ketika pertama kali mengalaminya dan belum pernah tau solusi errornya, siapapun pasti bingung kan?

Dari hari ke hari, tampaknya content management system (CMS) WordPress semakin digemari oleh banyak pihak. Mulai dari tingkat pemula sampai ke tingkat yang ahli, wordpress menjadi yang terfavorit. Bukan tanpa sebab, WordPress yang sekarang sudah sangat berbeda dengan WordPress yang dulu. Bedanya apa? Kalo dulu WordPress hanya digunakan sebagai platform menulis alias blogging, maka sekarang ini WordPress bisa digunakan untuk banyak hal, seperti contoh: WordPress sudah mendukung sistem toko online menggunakan dukungan plugin WooCommerce salah satunya. WordPress juga dapat digunakan sebagai platform e-learning dan learning management system.

Dalam memasang tema WordPress, bagi pemula seperti saya memang susah - susah gampang. Gampang jika tema yang kita pasang mudah dan pengaturannya sederhana, susah kalo temanya ribet dan banyak plugin. Belom lagi jika ketemu masalah error, wah pusingnya minta ampun deh. Dari pengalaman memasang tema WordPress, sudah pasti hampir setiap memasangnya menemui error. Nggak tau kenapa dan itu nyebelin sih.

Salah satu error yang pernah saya temui adalah soal "the link you followed has expired" atau kalo dalam bahasa Indonesia "tautan yang anda ikuti telah kedaluarsa". Itu sebenarnya disebabkan oleh ukuran tema yang kita upload sudah melebihi batas maksimal ukuran upload yang ada pada konfigurasi hosting. Lah kenapa bisa? bukannya si hosting udah otomatis mengkonfigurasi itu ya? Masa harus setting manual kayak gitu sih, ribet banget.. Husss, sebentar dulu sob, konfigurasi hosting dengan konfigurasi pada WordPress itu tentu saja berbeda. Maka dari itu, memang diperlukan sedikit usaha untuk mengubah konfigurasi file .htaccess yang dibawa oleh si WordPress itu sendiri. Gimana caranya nih? untuk langkah - langkahnya silahkan simak tutorial berikut ini ya!

Tutorial mengatasi the link you followed has expired

1. Langkah pertama, kalian buka file manager hosting kalian. Kalo sobat pake hosting berbayar, silahkan buka cPanel hostingnya ya, kalo kalian pake hosting gratis, sama halnya silahkan buka langsung file manajer yang sudah tersedia di layanan hosting kalian. Masuk ke direktori dimana kalian install wordpress, berhubung saya sudah install di public_html, maka saya buka direktori public_html.

Tampilan File Manager dari cPanel Hosting
File Manager cPanel

Tapi pas pertama kali buka file manager, kok file .htaccess nggak ada nih? Wajar sob, karena emang perlu satu langkah lagi buat nampilin file tersebut. Caranya, klik menu Settings (pojok kanan atas) silahkan lihat gambar dibawah ini, perhatikan panah merah
Direktori WordPress di cPanel
Direktori WordPress di cPanel

Nanti akan muncul pop up,

Memunculkan dotfiles yang ke hidden di cPanel
Cara memunculkan file hidden .htaccess di cPanel

kalo udah di save, pasti bakalan muncul file .htaccess nya.

Setelah itu, klik kanan dan edit file .htaccessnya

File .htaccess original WordPress
Isi .htaccess bawaan WordPress

Silahkan tambahkan kode berikut ini di baris paling bawah.
php_value upload_max_filesize 64M
php_value post_max_size 64M
php_value max_execution_time 300
php_value max_input_time 300
 Jadinya seperti ini :

Tambahkan kode untuk menambahkan limit upload pada WordPress
Tambahkan kode untuk menambahkan limit upload pada WordPress

Setelah itu klik save, dan close editornya.

Jika sudah, kalian coba ulangi untuk upload ulang file tema atau plugin yang sebelumnya gagal. Semoga cara ini berhasil ya, selamat mencoba!

Baca juga

Post a Comment