Pengertian SVG dan Kelebihannya dibanding Format Gambar Lain

SVG.. Apa sih SVG itu? Kalian pasti pernah mendengar istilah SVG, apalagi jika kalian adalah anak desain, udah pasti sering berkutat sama format gambar yang satu ini. Kata orang-orang, SVG itu format gambar yang menyenangkan. Apa maksudnya?

Pengertian Format SVG

SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics. Sesuai namanya, format SVG ini adalah sebuah format untuk vektor grafis, yang memiliki pengaturan ukuran skala yang baik. Dan itulah yang membuat SVG banyak digemari sebagai sebuah format logo atau icon, sehingga ini sangat berguna jika kamu memerlukan pencetakan gambar untuk format yang lebih besar (seperti misal desain cetakan kaos, logo perusahaan dan lainnya).

Lalu, apa itu format file svg? Format file SVG adalah format file yang didasarkan pada pengkodean XML, itu artinya semua detail dan informasi tentang garis, bentuk, warna, lengkungan/kurva, dan teks yang berada pada gambar disimpan dalam file yang dapat dibaca. Maka dari itu, format file .svg jadi gampang untuk disesuaikan. Kamu dapat mengubah ukuran gambar menjadi ukuran lebih besar tanpa harus kehilangan kualitas gambar seperti diawal.

Lebih istimewa lagi jika gambar SVG itu jika di-resize menjadi ukuran lain, maka gambar dia nggak akan berubah jadi ngeblur. Ini penting untuk diketahui, jika kalian belum pernah memakai SVG maka saya sangat menyarankan untuk mencobanya. Bukti dari menyenangkannya SVG bisa kalian lihat dari gambar dibawah ini

Perbedaan SVG dengan EPS, AI, JPG, JPEG dan PNG
Perbedaan SVG dengan format gambar lain (sumber: logotypemaker.com)
Coba kalian perhatikan gambar diatas, disitu bisa kita lihat perbedaan untuk gambar jenis Raster dan Vector. Jika gambar seperti JPG, JPEG, PNG ukuran diubah dan dibesarkan, maka akan terlihat tampilan gambar yang blurry. Berbeda dengan format vector, kalian zoom dan besarkan berapa kali pun dia bakal tetap seperti kualitas diawal. Nggak bisa pecah😁 *ehh nggak tau berapa limit dia bisa pecah apa ngga*

Apa kelebihan format file SVG?

  • Keuntungan yang paling terlihat dari file berformat vektor adalah soal scalable alias bisa bebas dibesar kecilkan ukurannya.
  • Format .svg bisa bebas dikustomisasi. Karena format SVG ini didasarkan dari XML, maka dapat dengan mudah diubah atau dimodifikasi isinya. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa menambahkan efek dan animasi yang menggunakan CSS atau Javascript.
  • Format file .svg berupa teks kode terstruktur, maka nggak heran jika kita membukanya sering aplikasi merekomendasikannya dibuka menggunakan aplikasi kode teks editor. Selain itu, SVG adalah salah satu format yang didukung Google untuk dapat diindeks ke hasil pencarian gambar. Sehingga, ini memungkinkan jika sebuah web yang memakai format SVG bisa menambahkan trafik yang datang melalui sumber gambar itu.
  • Jika kalian bandingkan dengan format gambar lain, file .svg memiliki ukuran yang relatif kecil. Jika diterapkan di web, maka akan meningkatkan kinerja web karena loading web akan bisa dimuat lebih cepat. Menurut pengalaman yang sudah saya coba, file SVG memiliki kecepatan yang baik, versi laptop maupun versi seluler.

Kapan dan dimana harus menggunakan format SVG?

Sekarang, jika kalian udah tau keuntungan dari memakai file berformat SVG maka kalian harus tau, kapan dan dimana harus memakai file SVG untuk kebutuhan apa saja?

Pencetakan

Banyak pakar merekomendasikan jika file SVG itu dipakai untuk kebutuhan printing alias percetakan. Jika kamu memiliki perusahaan desain, maka ini akan menjadi sangat berguna. 

Desain antarmuka web

Kamu mungkin nggak tahu jika format file .svg bisa kamu gunakan tidak hanya untuk sebuah gambar statis, tapi juga bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat animasi gambar pada situs web, sehingga dapat menjadikan web tersebut lebih menarik untuk dilihat. Selain itu, jika kamu menginginkan situs webmu memiliki tampilan interface yang interaktif seperti peta, diagram atau infografis, sangat direkomendasikan untukmu mempertimbangkan penggunaan file berformat .svg.

Semoga artikel singkat ini dapat membantu kamu untuk menambah pemahaman tentang apa itu SVG dan beberapa jenis format gambar lainnya. Jika ada komentar, kritik dan saran yang ingin kamu sampaikan, jangan lupa untuk mengklik tombol komentar dibawah.

Baca juga

Post a Comment