Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanfaatkan Prediksi Cuaca dari Big Data untuk Mencuci Baju

Tips Mencuci Baju di Era Revolusi Industri 4.0
Tips Mencuci Baju di Era Revolusi Industri 4.0

Mukadimah

Kamu pernah nggak sih berpikir untuk menerapkan teknologi dari sebuah era agar dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari? Buat yang belum tau, kita sekarang ini berada pada era revolusi industri 4.0 yang mana pada era sekarang industri sudah mulai berkembang kearah optimasi akan hadirnya teknologi, utamanya teknologi internet. Teknologi internet ini nantinya akan dimanfaatkan untuk banyak hal besar, dari mulai pemerintahan, sektor organisasi dan swasta, perusahaan multinasional, startup ... sampai ke UMKM dan bahkan perorangan. Artinya apa? di era revolusi industri 4.0 sekarang adalah waktunya semua pihak sadar akan pentingnya penggunaan internet, tidak dibatasi apakah dia pemerintahan, organisasi, kelompok bisnis ataupun perusahaan startup. Individu atau perorangan dalam hal ini punya andil yang sangat penting dalam penerapan revolusi teknologi yang semula dari side to side dari kelompok besar, menjadi end to end untuk dari kelompok ke perorangan atau perorangan ke kelompok.

Big Data dan IoT adalah dua hal yang paling aku garis bawahi pada era ini, meskipun banyak teknologi lain yang ada tapi aku jauh lebih tertarik sama kedua hal tersebut. Aku berpendapat kalo Big Data adalah akar dari segala akar, karena semua data dapat diolah dan dikembangkan menjadi informasi yang bermanfaat. Tanpa Big Data bagaimana sulitnya kita hidup sebagai manusia yang berteknologi? (alah lebay, tanpa Big Data pun lu juga masih bisa makan)

Ahh, kok saya jadi bahas revolusi industrinya sih.. kan jadi nggak sesuai judul artikel dong gimana sih 😠

Alright, kita balik ke topik awal. Tujuanku menulis artikel ini adalah agar teman-teman dapat mencoba menerapkan manfaat dari teknologi Big Data yang ada sekarang untuk diterapkan ke kehidupan sehari-hari. Contohnya apa? Aku bikin contoh yang mudah aja deh, mencuci baju.

Mencuci baju pada dasarnya nggak perlu sesuatu yang ribet, sebelum mencuci baju tinggal tengok ke atas. "Langit lagi mendung gak ya sekarang.." Begitulah kira-kira.

Tapi, pada kesempatan kali ini aku bakal kasih tips untuk mencuci baju agar nggak kejebak hujan gara-gara kita salah memprediksi cuaca. Yah memang cara ini nggak menjamin kalian bisa mendapatkan hasil yang bagus 100%, tapi setidaknya ada dasar ilmu yang digunakan untuk mempersiapkan segala hal yang terjadi jika diluar prediksi. Toh, siapa yang bakal tau kalo jam 11 hari ini udah panas dan ternyata jam 1 siangnya turun hujan, deras lagi. (eh, emangnya lu ga percaya sama ilmu agama, kan udah dibilangin yang namanya cuaca itu nggak ada yang tahu) Yaaa soal itu tau kok, kalo yang namanya cuaca itu nggak ada yang pasti, tapi buat apa kita mempelajari ilmu klimatologi kalo nggak digunakan? Toh yang namanya kesalahan itu pasti ada, sebab kita hanyalah manusia biasa. (cie quotes..)

Prediksi Cuaca dengan AccuWeather

Untuk tutorial yang aku bagikan hari ini, aku pakai AccuWeather. Kenapa kok milih doi?

A. Alasan Kenapa Memakai AccuWeather 

AccuWeather adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memprakirakan cuaca, yang mana memakai data dari temperatur, kecepatan angin, waktu matahari terbit dan tenggelam, kelembaban dan jarak pandang. Sistem yang dipakai AccuWeather juga sangat lengkap dan realtime. Doi sendiri digadang-gadang menjadi aplikasi mobile yang paling banyak dipakai dan paling akurat.

Lalu, apakah AccuWeather sudah memakai Big Data?

AccuWeather uses big data since 2017
Big Data di AccuWeather
Dari data yang dihimpun pada artikel web AccuWeather, doi katanya udah mulai launching sejak tahun 2017.

B. Langkah mencuci baju dengan bantuan AccuWeather

Kalian download aplikasi AccuWeather atau kalo males mikir buang kuota, kalian bisa pake versi webnya.

1. Pertama, buka alamat situs : www.accuweather.com
2. Setelah itu, masukan lokasi kalian sekarang menggunakan fitur pencarian seperti contoh dibawah.

Mencari prediksi cuaca menggunakan AccuWeather
Mencari lokasi yang ingin diperiksa
3. Nah, udah ketemu belum lokasi lewat live searchnya? Kalo udah, maka akan terbuka halaman web seperti dibawah ini, (studi kasus saya kali ini adalah wilayah Jember, Jawa Timur)

Detail cuaca hari ini
Detail cuaca hari ini
4. Disitu ada prediksi cuaca untuk sekarang atau hari ini. Kalian bakal tau nanti siangnya bakal hujan apa enggak lewat prediksi itu. Didaerah saya hari ini sepertinya bakal hujan, yah.. nggak bisa nyuci dong 😢 mana cucian dah numpuk

5. Selain fitur melihat cuaca hari ini, kalian dapat melihat prediksi cuaca harian, bahkan bulanan. Aku merekomendasikan buat lihat pada bagian prediksi cuaca harian aja, contohnya seperti dibawah ini

Prediksi cuaca harian
Prediksi cuaca harian
Fitur yang ini nih yang paling ku sukai, emangnya buat apaan? Ini sangat berguna tau, sebagai anak kos yang baik hati, mandiri dan rajin menabung, aku bisa prediksi kapan aku bisa nyuci. Jadi dalam seminggu itu, kita jadwalkan agar bisa punya plan untuk mencuci baju, terus kita lihat tepat hari itu apakah prediksi cuaca mendukung untuk digunakan mencuci baju. Kalo prediksinya hujan, lebih baik diganti hari lain aja. Soalnya sepengalamanku, kalo emang nggak jadi hujan, kemungkinan dapatin cuacanya mendung pun nanti juga tinggi dan alhasil bajuku nggak kering.

Saranku, kalian cari cuaca yang prediksinya ada icon matahari 🌞 muncul. Disitu biasanya kalian bisa dapetin panas matahari, yah walapun emang nggak tau bakal berapa lama. Jika emang nggak menemukan icon matahari 🌞 yang muncul, kalian pake tinggi temperatur dengan jangkauan yang paling rendah. Jika pada jangkauannya tidak terlalu jauh, maka kemungkinan untuk aku bisa nyuci juga tinggi, karena bakalan dapetin panas matahari walaupn nggak tau berapa lama juga. Hahaha

Kelebihan mencuci baju dengan bantuan AccuWeather

  1. Kita bisa buat plan kapan bisa mencuci, mau nyuci hari apa bro? atau mending kalo males laundry aja deh 🤣
  2. Biar nggak kehujanan ditengah jalan, dengan bantuan dari AccuWeather kalian bisa prediksi kondisi cuaca jam sekarang sampai jam nanti, kira-kira bakalan hujan nggak siangnya
  3. Efisiensi waktu, kok efisien? emang efisien untuk hal apa? dengan membuat plan mencuci, maka kamu bakal lebih punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang bermanfaat. Nggak perlu nungguin cucian yang dijemur karena takut kehujanan.

Okee deh, akhirnya sampai ke penghujung artikel nih. Makasih banyak nih yang udah relain baca sampe abis, dan nggak lupa semoga tips dariku ini bermanfaat buat kalian, utamanya anak kos. Haha, sekian dulu ya, aku pamit undur diri sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Memanfaatkan Prediksi Cuaca dari Big Data untuk Mencuci Baju"