Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40+ Rekomendasi Font Terbaik untuk Desain Projek Komersial

rekomendasi font terbaik dari Google Fonts

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan kamu beberapa rekomendasi font terbaik untuk desain yang bisa kamu pakai buat desain non-komersial ataupun komersial. Tapi, sebelum itu ada baiknya kita bahas singkat mengenai perbedaan Fonts dan Typeface. Yuk disimak~

Font dan typeface yang kita digunakan untuk membuat desain pasti memiliki hak cipta. Lisensi tersebut biasanya disertakan pada menu License agar pengguna dapat membaca aturan dan izin yang dapat mereka pakai untuk penggunaan font tersebut. Maka sudah seharusnya kita berhati-hati saat hendak mengkomersialkan projek desain di marketplace online.

Mungkin kata penggunaan disini agak membingungkan, maka dari itu saya akan sedikit menjelaskan tata cara memakai font berdasarkan lisensi dan hak ciptanya agar tidak terjebak pada kasus penggunaan illegal. Untuk itu mari kita bahas satu-persatu

1. Apa perbedaan typeface dan font, apakah berhak cipta?

Untuk menjawab ini mungkin sedikit rumit, pasti bakalan muncul pertanyaan lain. Tapi secara umum, typeface adalah kumpulan huruf dan simbol yang dibuat dari beberapa koleksi gaya yang sama. Sedangkan untuk font sendiri memiliki pengertian sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun dan membentuk typefice.

Kalo soal hak cipta, typeface tidak ada hak cipta namun masih dapat dibuatkan paten dari desain dan merk dagang. Alasannya sih karena fungsi mereka bisa melampai dari kreatifitas itu sendiri. Berbeda dari typeface, font memiliki hak cipta dan mereka dapat dilisensikan sebelum digunakan oleh khalayak umum.

2. Haruskah kamu menggunakan font gratis?

Ya, sangat saya direkomendasikan. Jika memang font tersebut cocok dengan kamu, ya gunakan itu. Tapi pastikan kamu memperhatikan bahwa setiap font memiliki EULA sendiri. Beberapa dari font gratis mengijinkan untuk penggunaan tanpa batas, ada pula font lain yang melarang penggunaan untuk tujuan komersial tertentu, seperti menggunakan font untuk menjual e-book atau desain template ke sebuah marketplace.

Pastikan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, menggunakan font yang aman dan legal.

Yang perlu diwaspadai, font gratis bisa menyebabkan crashing (mis., font tersebut tidak berfungsi). Ada dari beberapa font yang membawa ukuran huruf besar dan kecil serta simbol yang tidak standar. Bahkan yang paling parah adalah dokumen font tersebut membawa virus Trojan.

Saya merekomendasikan kamu untuk memilih dua dari sumber font gratis yang bagus: Fontsquirrel dan Google Fonts. Tapi saya lebih menyukai Google Fonts, kenapa? karena mereka menyebutkan ini

All fonts are released under open source licenses. You can use them in any non-commercial or commercial project. With so many unique fonts to use, you're bound to find something you like! - https://developers.google.com/fonts

yang artinya kita bisa pake itu untuk projek komersial. Bebas, tanpa batas! Maka dari itu saya disini akan memberikan kurang lebih rekomendasi 40 Fonts Google yang bisa kamu gunakan untuk projek non-komersial maupun komersial. Jika kamu suka memakai Google Fonts, silahkan download arsip yang sudah saya siapkan dibawah ini :
Download

Posting Komentar untuk "40+ Rekomendasi Font Terbaik untuk Desain Projek Komersial"